Doa Aqiqah Paling Lengkap Dengan Terjemahannya

Doa Aqiqah Paling Lengkap Dengan Terjemahannya

Doa Aqiqah – Sebuah doa merupakan permohonan kepada Allah untuk bisa mendapatkan sebuah kebaikan dan juga kemaslahatan agar selalu berada di sisi-Nya.

Untuk itu, saat seseorang akan melaksanakan aqiqah, maka Diwajibkan untuknya agar membaca doa aqiqah yang dipanjatkan sebagai harapan dan juga permohonan yang ditujukan kepada Tuhan.

Seperti yang kita tahu bahwa aqiqah adalah sunnah Rasul yang memiliki definisi sebagai penyembelihan hewan untuk penebusan seorang anak.

Doa aqiqah yang dipanjatkan menjadi wujud harapan dari orang tua untuk anaknya supaya senantiasa memperoleh karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk anda semua yang sekarang ini sudah sah menjadi orang tua dari anak anda, maka saat melakukan aqiqah sebaiknya membaca doa yang akan kami sampaikan selengkapnya di bawah ini.

Doa Aqiqah Lengkap

Doa Aqiqah Paling Lengkap Dengan Terjemahannya

Aqiqah menjadi amal ibadah sunnah yang memiliki syarat dan rukun yang jelas. Untuk memulai sebuah amal perbuatan apapun itu, maka setiap muslim dianjurkan untuk mengawalinya dengan niat yang baik.

Aqiqah pun juga demikian, harus diniatkan terlebih dahulu. Berikut ini merupakan contoh niat aqiqah yang hadir dalam bahasa Arab dan artinya:

أَللَّهُمَّ هَذِهِ عَقِيْقَةُ …..بْنِ/بِنْتِ فَتَقَبَّلْهَا

Niat aqiqah dalam bahasa latin:

Alloohumma haadzihii ‘aqiiqotu……bin/binti….fataqob-balhaa

Artinya:Ya Allah, ini merupakan aqiqah dari …bin/binti… terima lah ya Allah.”

Saat hendak menyembelih hewan yang akan dijadikan sebagai aqiqah, maka sebaiknya membaca doa di bawah ini:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللّهُم‍َّ رَبِّىْ, هَذِهِ عَقِيْقَةُ … بِنْ…. دَمُهَا بِدَمِهِ وَلَحْمُهَا بِلَحْمِهِ وَعَظْمُهَا بِعَظْمِهِ وَجِلْدُهَا بِجِلْدِهِ وَشَعْرُهَا بِشَعْرِهِ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا فِدَاءً لِ…بن….مِنَ النَّارِ

Terjemahan:

Ya Allah, wahai Tuhan kami, hewan ini adalah aqiqah bagi…..(sebaiknya disebutkan nama putra yang diaqiqahi), dimana darah dari hewan aqiqah ini untuk menebus darah dari sang anak. Daging dari hewan aqiqah ini untuk menebus daging sang anak. Tulang hewan ini untuk menebus tulang dari sang anak, kulit hewan untuk menebus kulit anak, Dan juga bulu dari hewan ini adalah untuk menebus rambut dari sang anak. Ya Allah, semoga engkau jadikan aqiqah ini menjadi tebusan bagi… bin… (sebutkan namanya) agar terhindar dari neraka.

Hadits Doa Aqiqah

Doa Aqiqah Paling Lengkap Dengan Terjemahannya

Doa aqiqah saat menyembelih kambing hanya ditujukan pada Allah saja. Petunjuk mengenai tasmiyah atau membaca lafal Bismillah sudah kita ketahui bersama. Oleh sebab itu, doa ini juga diucapkan saat menyembelih hewan aqiqah. Sebab ini juga menjadi salah satu qurban yang telah disyariatkan dalam Islam.

Melaksanakan ibadah aqiqah yang syar’i bisa dilakukan dengan hukum aqiqah yang wajib. Ini menurut pendapat yang lebih kuat insya Allah. Ini berdasarkan pada sebuah hadits dimana Rasulullah SAW telah bersabda bahwa

“Setiap anak telah tergadaikan dengan aqiqahnya disembelihkan kambing pada hari ketujuh, diberikan nama yang baik dan dicukur rambutnya.” Hadits Riwayat Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasai, Ibnu Majah dan Ahmad dari Samurah dan telah dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Irwa’:1165.

Untuk waktu pelaksanaan aqiqah sendiri di hari ke tujuh kelahiran anak. Selama memiliki kemampuan untuk melakukannya pada hari ke tujuh, maka sebaiknya diusahakan untuk melakukannya. Namun jika tidak memiliki kemampuan di hari ke tujuh maka bisa dilakukan setelahnya.

Untuk anak laki-laki sebanyak dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing. Ini telah dijelaskan sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing.” (Hadits Riwayat Abu Dawud, an-Nasai, Ahmad dan dishahihkan Syaikh al-Albani di dalam Irwa’:1166.

Doa Walimatul Aqiqah

Di bawah ini merupakan bacaan doa yang dilafalkan dalam walimatul aqiqah yang kami hadirkan lengkap dengan artinya:

بِسْمِ اللهِ الرّحمنِ الرّحِيمِ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِناَ محمّدٍ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ, اَللّهُمَّ اُعِيْذُهُ بِالْوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ حَسَـدٍ. اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْـطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا اْلوَلَدَ وَلَدًا صَالِحًا. اَللّهُـمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ السَّـلاَمَةَ فِى الدُّنْياَ وَالدِّيْنِ وَنَسْأَلُكَ الزِّيَادَةَ وَالْبَرَكَةَ فِى اْلعِلْـمِ وَارْزُقِ الْمَرْزُوْقِيْنَ. اِلَهِى اِنَّكَ قَدْ عَلَّمْتَ اَدَمَ اْلاَسْمَاءَ كُلَّهَا وَقَدْ اَمَرَنَا نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِحْسـَانِهَا فَهَا نَحْنُ نُسَمَّى هَذَا الْوَلَدَ بِاسْمِ يُنَاسِبُ اَهْلَ الْبَيْتِ… اِلَهِى اَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ وَعَلىَ دِيْنِ نَبِيِّناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مِلَّةِ اَبِيْنَا اِبْرَاهِيْـمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اَللّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ لِسَاناًذَاكِرًا وَقَلْبًا شَاكِرًا وَبَدَنًاصَابِرًا وَزَوْجَةً تُعِيْنُنَا فِى الدُّيْنَا وَاْلآخِرَةِ. وَنَعُوْذُبِكَ يَا رَبَّنَا مِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيْناَ سَيِّدًا وَمِنِ امْرَاَةِ تُشَيِّبُنَا قَبْلَ وَقْتِ الْمَشِيْبِ وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنَ عَذَابًا لَّنَا وَوَبَالاً عَلَيْنَا وَمِنْ جَارٍ اِنْ رَّآى مِنَّا حَسَنَةً كَتَمَهَا وَاِنْ رَّآى مِنَّا سَيِّئَةً اَفْشَاهًا. اَللّهُـمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا عَقِيْقَتَنَا رَبَّناَ, بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحمَ الرَّاحِمِـيْنَ. واَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمـِيْنَ.

Arti Doa Walimatul Aqiqah

Semoga salam dan juga rahmat selalu tercurahkan kepada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW. Teriring juga kepada seluruh keluarga beserta sahabatnya.

Ya Allah, hamba mohon perlindungan bagi anak ini hanya kepada-Mu sebagai tempat hamba meminta dan bergantung dari berbagai macam kejahatan setiap orang yang dengki.

Hamba mohon perlindungan-Mu ya Allah supaya ibu anak-anakku beserta keturunannya dapat terhindar dari syaitan yang terkutuk.

Ya, Allah semoga engkau selalu menjadikan anak ini seorang anak yang saleh. Ya Allah berikan penambahan serta keberkahan ilmu serta melimpahkan rizki pada orang-orang yang berkah.

Wahai Tuhanku, sesungguhnya Engkau yang sudah mengajarkan semua nama-nama pada Nabi Adam. Dan sungguh, Nabi Muhammad SAW juga sudah memerintahkan kami agar memberikan nama pada anak ini dengan nama yang pantas di negeri ini…. (sebutkan nama anak).

Wahai Tuhan kami, kami atas kesucian Islam, di atas keikhlasan dan juga di atas agama Nabi Muhammad SAW. Dan di atas agama bapak kami Ibrahim, dimana dirinya adalah orang yang benar dan juga taat pada ajaran. Tidaklah Ibrahim termasuk oran yang mempersekutukan Allah.

Ya Allah, sungguh kami mohon pada-Mu supaya lisan kami selalu berdzikir, hati kami selalu bersyukur, badan kami bersabar, dan memohon supaya istri dapat menolong kami di dalam urusan dunia dan juga urusan akhirat.

Dan kami juga berlindung kepada-Mu, wahai Tuhan kami, dari anak yang telah diberikan kepada kami sebagai tuan. Berlindung dari istri yang menyebabkan tumbuh uban sebelum usia layak untuk beruban, juga dari harta yang dapat menyiksa dan menjadi bencana bagi kami.

Lindungi kami dari tetangga yang jika melihat kebaikan kami, maka ia menyimpan dan jika ia melihat keburukan kami maka ia menyebarkan keburukan.

Ya Allah, terimalah aqiqah kami, Dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang paling penyayang diantara para penyayang. Dan dengan segala puji hanya untuk Allah. Tuhan Semesta Alam.

Penutup

Biasanya setelah doa aqiqah tersebut dilafalkan dalam acara walimatul aqiqah, para tamu undangan diberi hidangan untuk dimakan. Dengan ini, orang tua bisa mengambil hikmah yang diterapkan dalam hidup sehari-hari. Dengan berbagi nikmat dan syukur dengan orang lain. Dan mendidik anak yang telah dilahirkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami Via Whatsapp